Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengawasan Sektor Bea Cukai Masih Lemah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 26 Desember 2017, 16:53 WIB
rmol news logo Nasional Corruption Watch (NCW) meminta Presiden Joko Widodo membentuk badan khusus yang bertugas melakukan pengawasan di sektor pabean dan cukai.

"Kami meminta Presiden Joko Widodo agar segera membentuk badan khusus atau satuan tugas khusus, dalam rangka optimalisasi pengawasan dan keamanan hak-hak negara di bidang pabean dan cukai," ujar Ketua Umum NCW Syaiful Nazar saat menggelar jumpa pers di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (26/12).

Menurutnya, pembentukan badan tersebut akan membantu Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan dalam rangka mengoptimalkan pengawasan lalu lintas barang impor, maupun komoditi tertentu yang diproduksi di dalam negeri agar negara menerima hak-haknya.

"Selama ini pengawasan hanya dilakukan oleh jajaran bea cukai sehingga rentan terhadap manipulasi dan penyelewengan," ujar Syaiful.

Dia pun mengusulkan agar inspektorat atau kepatuhan internal diangkat dan bertanggung jawab langsung kepada presiden, sehingga kinerja pengawasan sektor pabean dan cukai lebih baik.

Ditjen Bea Cukai sampai saat ini masih dianggap sebagai garda depan Indonesia untuk mengawasi barang-barang yang masuk maupun keluar.

"Dalam praktiknya belum ada yang mengawasi lembaga tersebut. Agar tidak terdapat penyelewengan maupun manipulasi yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu," tegas Syaiful. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA