Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPK Tak Perlu Takut Angket Kalau Jujur dan Bersih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 04 Mei 2017, 19:56 WIB
KPK Tak Perlu Takut Angket Kalau Jujur dan Bersih
Margarito Kamis/Net
RMOL. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seperti ketakutan saat berhadapan dengan hak angket yang digagas oleh DPR RI.

Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis menjelaskan, angket tersebut perlu lantaran selama ini pelaksanaan dan pemberantasan korupsi di Indonesia, belum baik, serta terkesan masih jalan di tempat.

"Selama ini 15 tahun sudah ada KPK, ada yang berubah dengan republik ini, saya rasa tidak,” kata Margarito di Jakarta, Kamis (4/5).

KPK, kata dia, cenderung tebang pilih dalam menuntaskan perkara korupsi di Indonesia. "KPK selama ini selalu membidik orang dengan parfum mahal, padahal hukum kita berantakan betul di level propinsi dan kabupaten,” kata Margarito.

KPK sebagai lembaga yang menjalankan penyidikan, penyelidikan dan penuntutan suatu kasus, semestinya tetap bisa di cek oleh presiden. Namun sebaliknya, KPK seperti tidak bisa tersentuh, sehingga apa yang menjadi keputusannya harus selalu didukung.

Margarito pun mencontohkan beberapa kasus yang sudah diusut oleh DPR lewat angket Pelindo II, namun sampai saat ini tak beranjak kasusnya saat ditangani oleh KPK. "Hasil temuan Pansus Pelindo II, yang merekomendasikan pemecatan RJ Lino karena melanggar hukum kini tidak jalan.

"Kenapa KPK tidak bisa urusi ini. Kalau memang tidak cukup bukti, jangan jadikan dia tersangka. Dua tahun kasus ini terkatung-katung."

KPK,lanjut dia, semestinya tidak takut kalau mereka jujur. "Orang jujur tidak akan pernah takut pada apa pun,” tegas Margarito.

"Jika lembaga apa pun kalau sudah mulai absolut, tidak bisa dicek maka alamat busuk atau korup," tandasnya. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA