Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setara Institute Kutuk Aksi Teror Terhadap Novel Baswedan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 11 April 2017, 12:47 WIB
rmol news logo . Setara Institute menilai aksi siram air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan sebagai bentuk teror biadab yang ditujukan untuk melemahkan dedikasi dan kinerja Novel dalam pemberantasan korupsi.

"Saya mengutuk kekerasan itu dan mendorong Polri untuk aktif dan segera menangkap pelaku teror tersebut," kata Ketua Setara Institute, Hendardi, Selasa (11/4).

Langkah Polri tersebut menurut dia untuk menghindari asumsi-asumsi yang dapat membenturkan Polri dengan institusi KPK oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu Hendardi juga menegaskan agar KPK mesti memikirkan bagaimana mekanisme perlindungan bagi para penyidiknya yang rentan mengalami teror dan intimidasi.

"Novel, sebagai penyidik, seperti para pegiat HAM dan pegiat antikorupsi, memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dari negara," ujarnya.

Dia mengakui belum tahu apakah KPK memiliki sistem perlindungan atas personil-personilnya.

"Kalau belum ada menurut saya maka peristiwa yang menimpa Novel adalah pembelajaran betapa pentingnya security mechanism bagi personel KPK," pungkas Hendardi. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA